Dampak Implementasi CRM dan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman terhadap Kepuasan Konsumen Marketplace di Masa Pandemik Covid 19

Authors

  • Diana Silaswara Universitas Buddhi Dharma
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma
  • Eso Hernawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Implementasi CRM, Kualitas Jasa Pengiriman, Tingkat Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui serta menyadari pentingnya implementasi Customer Relationship Management dan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman Produk terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen terutama pada konsumen yang berbelanja di marketplace.

 

Penelitian ini bersifat deskriptif-kausal dengan metode analisis yang digunakan adalah alat analisis Regresi Sederhana dan Regresi Berganda. Dan selain melakukan uji asumsi klasik, penulis melakukan metode penyebaran kuesioner untuk memperoleh data primer dalam penelitian ini.

 

Dan dari hasil olah kuesioner yang diperoleh dari 63 orang responden, di peroleh hasil bahwa seluruh hipotesa penelitian yang diduga di awal terbukti, dimana Implementasi CRM serta Kualitas Jasa Pengiriman berpengaruh secara positif terhadap pembentukan tingkat kepuasan konsumen. Dan kedua variabel tersebut membentuk lebih dari 60% dari tingkat kepuasan konsumen.

Published

2022-09-15

How to Cite

Silaswara, D., Kusnawan, A., & Hernawan, E. (2022). Dampak Implementasi CRM dan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman terhadap Kepuasan Konsumen Marketplace di Masa Pandemik Covid 19. NIKAMABI, 1(2). Retrieved from https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/NI/article/view/1524