Pengaruh Profitabilitas, Sales Growth, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021)

Authors

  • Angel Wijaya Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Sales Growth, Leverage, Likuiditas, Tax Avoidance

Abstract

Dalam penelitian ini, menggunakan sampel perusahaan industri otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2021. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 5 perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.bei.co.id. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Statistik, Uji Hipotesis, serta Uji Signifikansi Simultan dengan menggunakan software SPSS Versi 25.

Hasil pengujian dalam penelitian ini membuktikan bahwa variabel Profitabilitas, Sales Growth tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance. Sedangkan berdasarkan hasil Uji Simultan (Uji F) membuktikan bahwa variabel Leverage dan Likuiditas berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Published

2022-10-14

How to Cite

Wijaya, A., & Wibowo, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Sales Growth, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021). NIKAMABI, 1(2). Retrieved from https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/NI/article/view/1560