Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2017-2020)

Authors

  • Hans Christian Universitas Buddhi Dharma
  • Farid Addy Sumantri Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kepemilikan Manajerial, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba

Abstract

Riset ini dilakukan dalam menunjukkan pengaruh kepemilikan manajerial, perencanaan pajak, ukuran perusahaan, dan leverage kepada manajemen laba. Subyek survei ini ialah 31 perusahaan consumer goods yang tertera pada BEI 2017-2020. Penentuan sampel berasal dari 10 perusahaan. Metode analisa data yang dipakai pada riset ini yakni analisa regresi  berganda dan diolah  memakai program SPSS versi 25. Hasil riset memperlihatkan bahwa variabel kepemilikan manajerial tidak mempengaruhi kepada manajemen laba, perencanaan pajak memberikan pengaruh kepada manajemen laba, ukuran perusahaan tak memberikan pengaruh kepada manajemen laba, leverage mempengaruhi kepada manajemen laba.

Published

2022-10-14

How to Cite

Christian, H., & Addy Sumantri, F. (2022). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2017-2020). NIKAMABI, 1(2). Retrieved from https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/NI/article/view/1562