Pengaruh Firm Size, Leverage, Dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Authors

  • Bella Saphira Universitas Buddhi Dharma
  • Rr. Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Corporate Governance, Firm Size, Leverage

Abstract

Penelitian ini ditujukan agar dapat mencari tahu pengaruh firm size, leverage serta corporate governance pada tax avoidance. Variabel bebas yang dipakai yakni  firm size, leverage, dan corporate governance. Sementara itu variabel terikat yang dipakai yaitu tax avoidance yang diukur memakai Effective Tax Rate (ETR).

Populasi penelitian ini merupakan perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Penetapan sampel penelitian memakai teknik purposive sampling dan sesudah pengurangan oleh kriteria yang ditentukan sehingga mendapatkan sampel berjumlah 10 perusahaan. Metode analisa data yang dipakai di penelitian ini yakni regresi linier berganda serta diolah dengan memakai program SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian menerangkan bahwa variabel firm size tak memberikan pengaruh pada tax avoidance, leverage tak memberikan pengaruh pada tax avoidance, corporate governance memberikan pengaruh pada tax avoidance, serta secara simultan firm size, leverage, dan corporate governance berpengaruh pada tax avoidance.

Published

2022-10-14

How to Cite

Saphira, B., & Anggraeni, R. D. (2022). Pengaruh Firm Size, Leverage, Dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). NIKAMABI, 1(2). Retrieved from https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/NI/article/view/1566