Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas Perusahaan dan Perumbuhan Penjualan terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2020)

Authors

  • Wenny Mandagie Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Good Corporate Governance, Profitabilitas Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Tax Avoidance

Abstract

Riset ini memiliki tujuan yakni guna memberikan uji mengenai pengaruh good corporate governance, profitabilitas perusahaan serta pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance. Pada riset yang sudah dilakukan, tax avoidance diukur memakai cash effective tax rate (CETR), good corporate governance diukur dengan memakai komite audit, dewan komisaris independen, dewan direksi dan profitabilitas diproksikan dengan memakai return on assets (ROA). Untuk populasi pada riset ini ialah laporan keuangan yang sudah di audit pada perusahaan manufaktur sub sektor property dan real estate yang tercatat di BEI di tahun 2018 – 2020 dengan total 73 perusahaan yang memiliki jumlah sampel yang diteliti. Dalam riset ini sebanyak 10 perusahaan yang dilakukan pengkajian untuk sampel. Riset ini memakai periode pengamatan selama 4 (empat) tahun yakni 2018 – 2020 yang dilakukan dengan menggunakan metode yaitu metode purposive sampling. Dalam riset ini, Teknik analisis data yang dipakai ialah analisis regresi linier berganda dengan program yaitu program SPSS Versi 25. Riset ini memperoleh hasil yakni  jika good corporate governance tidak memberikan pengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan profitabilitas dan pertumbuhan penjualan memberikan pengaruh terhadap tax avoidance. Secara silmutan, profitabilitas dan pertumbuhan penjualan memberikan pengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan, good corporate governance secara silmutan tidak memberikan pengaruh terhadap tax avoidance.

Published

2022-10-14

How to Cite

Mandagie, W., & Herijawati, E. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas Perusahaan dan Perumbuhan Penjualan terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2020). NIKAMABI, 1(2). Retrieved from https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/NI/article/view/1567