Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Subsektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021
DOI:
https://doi.org/10.31253/ni.v1i2.1569Keywords:
Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai PerusahaanAbstract
Keuntungan merupakan tujuan dari suatu perusahaan agar mampu bertahan di perindustrian
dunia ini. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengaruh profitabilitas, leverage, dan
ukuran perusahaan baik secara segmental maupun simultan terhadap nilai suatu perusahaan. Metode
sampling purposive digunakan dengan pertimbangan pendaftaran perusahaan di bawah tahun 2017
dan memiliki data laporan keuangan lengkap selama 5 tahun terakhir. Penelitian kuantitatif ini
menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan atas 7 perusahaan subsektor yang di peroleh
melalui situs resmi BEI di link www.idx.co.id/
Penelitian ini menghasilkan R Square 0,354 atau secara simultan profitabilitas,
leverage, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh 35,4% dari nilai perusahaan. Tabel
Annova a menunjukan F hitung 4,732 > F tabel 2,91 dan nilai sig 0.003 < 0,05 sehingga
disimpulkan variable independen memiliki pengaruh terhadap nilai dependen. Hasil T tabel
menunjukan secara parsial X1 dan X2 tidak memiliki pengaruh terhadap Y. sedangkan X3
memiliki pengaruh terhadap Y