Analisis Startegi Digital Marketing Melalui Sosial Media dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Studi Kasus Bebek Sanjay Yogyakarta)

Authors

  • Waki’ah Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Heri Prasetyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31253/ni.v3i2.3214

Keywords:

Strategi, Digital Marketing, Sosial Media, Omset Penjualan

Abstract

Digital marketing adalah istilah umum untuk pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital. Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk mempromosikan merek, membentuk preferensi dan meningkatkan traffic penjualan melalui beberapa tenik digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Digital Marketing Melalui Sosial media yang diterapkan Bebek Sanjay Yogyakarta dan tantangan dan hambatan yang dihadapi Bebek Sanjay Yogyakarta dalam menerapkan strategi digital marketing melalui media sosial. Penelitian ini dilakukan di UMKM Bebek Sanjay Yogyakarta yang terletak di Jl. Raya Krangkungan Sanggrahan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses penelitian ini dilaksanakan dengan mewawancarai 2 orang CEO, 1 orang maneger marketing, 1 orang manager produksi dan 1 orang karyawan owner Bebek Sanjay. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi Digital Marketing menggunakan platform  facebook, tiktok, instagram, twitter alasannya karena platform tersebut sedang hits atau dipakai oleh generasi milenial atau gen-Z. research konten, research influencer, dan juga memberi saran terkait konten yang akan dijalankan. Sebelum melakukan kampanye tersebut terlebih dulu menganalisis data Pelanggann yang Ada, Mengumpulkan data demografis dari pelanggan saat ini, sperti dari kalangan mana pelanggan yang membeli, umur, dan pendapatan. (2) Tantangan dan hambatan yang dihadapi Bebek Sanjay yaitu Persaingan yang Ketat, Perubahan Algoritma Platform, dan mengelola Konten. Fokus pada unique selling proposition, Amati strategi digital marketing pesaing. (3)Bebek Sanjay mengalami peningkatan omset penjualan sebesar 50%, peningkatan brand awareness, dan keterlibatan pelanggan yang lebih tinggi. Ini menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang tepat dapat memberikan dampak signifikan terhadap penjualan dan pertumbuhan bisnis itu yang terjadi. Kenaikan dapat dilihat dari jumlah Pengunjung Bulanan dan omset bulanan tentunya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-19

How to Cite

Waki’ah, & Heri Prasetyo. (2024). Analisis Startegi Digital Marketing Melalui Sosial Media dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Studi Kasus Bebek Sanjay Yogyakarta). NIKAMABI : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(2), 20–29. https://doi.org/10.31253/ni.v3i2.3214