Implementasi Media Pembelajaran menggunakan Canva bagi Guru Sekolah

Main Article Content

Authors

    Dram Renaldi( 1 ) Edy( 2 ) Amesanggeng Pataropura( 3 ) Muhammad Subhana( 4 ) Edward Edison( 5 ) Andrian Febri Handoko ( 6 ) Rafael Ferdianto( 7 ) Matthew L.F. Korompis( 8 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (8) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Media pembelajaran adalah bagian penting dari proses pendidikan yang dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam era teknologi saat ini, penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi semakin penting. Canva, sebuah platform desain grafis online yang mudah digunakan. Jurnal ini membahas tentang implementasi media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru dalam mengintegrasikan teknologi Canva ke dalam proses pembelajaran mereka. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru dalam menggunakan Canva untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Selain itu, penggunaan Canva juga meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Partisipasi guru dalam pelatihan ini juga memiliki dampak positif terhadap motivasi dan kreativitas dalam mengajar. Kegiatan ini menegaskan bahwa integrasi media pembelajaran digital seperti Canva menjadi suatu alternatif dalam pendidikan saat ini untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan dunia digital. Kesimpulannya, implementasi Canva sebagai media pembelajaran memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan mempersiapkan guru untuk menjadi fasilitator pembelajaran yang efektif di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Renaldi, D., Edy, Pataropura, A. ., Subhana, M. ., Edward Edison, Andrian Febri Handoko, Rafael Ferdianto, & Matthew L.F. Korompis. (2024). Implementasi Media Pembelajaran menggunakan Canva bagi Guru Sekolah . Abdi Dharma, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1.2783
Section
Articles

Abstract views: 46 / PDF downloads: 16