Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (MSME) Kripik Tempe Melalui Strategi Bisnis dan Pemanfaatan Media Sosial di Desa Wonoharjo Kabupaten Tanggamus

Main Article Content

Authors

    Syahrizal Siregar( 1 ) A.K Yohanson( 2 ) Ruki Rizal( 3 ) Indera( 4 )

    (1) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya | Indonesia
    (2) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya | Indonesia
    (3) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya | Indonesia
    (4) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya | Indonesia

Abstract

Keberadaan MSME memiliki peran sangat penting dalam menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. MSME yang bersifat padat karya, menggunakan teknologi yang sederhana dan mudah dipahami mampu menjadi sebuah wadah bagi masyarakat untuk bekerja. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan usaha MSME melalui kegiatan sosialisasi dan demonstrasi bagi MSME keripik tempe di desa Wonoharjo kabupaten Tanggamus. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan meningkatkan pendapatan mereka melalui kerjasama dengan MSME. Dengan adanya interaksi antara MSME dan masyarakat, diharapkan tercipta sinergi yang positif untuk pertumbuhan ekonomi lokal dan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan. Diperlukan upaya untuk meningkatkan usaha MSME mlalui strategi usaha dan pemanfaatan media sosial serta memberikan motivasi kepada mitra untuk terus menjalankan bisnis atau memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan kapasitas usaha. Sosialisasi menjelaskan berbagai strategi bisnis dalam pengembangan usaha dan menjelaskan pentingnya pemasaran di media sosial dan juga memanfaatkan teknologi. Hasil pengabdian ini meningkatkan wawasan dan kreatifitas pelaku MSME Keripik Tempe dalam berbagai alternatif dalam pemasaran produk melalui media sosial Facebook.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siregar, S., Yohanson, A. ., Rizal, R. ., & Indera. (2024). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (MSME) Kripik Tempe Melalui Strategi Bisnis dan Pemanfaatan Media Sosial di Desa Wonoharjo Kabupaten Tanggamus . Abdi Dharma, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1.2817
Section
Articles

Abstract views: 191 / PDF downloads: 136