Penguatan Kompetensi Guru MI Darul Ulum Bumiayu dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis ALSAK untuk Meningkatkan Karakter Beriman dan Bertakwa
Main Article Content
Abstract
MI DU Bumiayu adalah sekolah yang berlandaskan nilai-nilai keislaman namun menghadapi tantangan dalam hal literasi numerasi dan pengembangan karakter siswa. Permasalahan utama yang dihadapi sekolah ini adalah pelaksanaan pendidikan yang kurang mampu memfasilitasi keberagaman siswa, sehingga kebutuhan individual siswa tidak sepenuhnya terpenuhi. Selain itu, pendidikan di sekolah ini belum sepenuhnya memprioritaskan pengembangan iman, takwa, dan akhlak mulia sesuai dengan visi dan misi sekolah. Guru-guru, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka (KURMER), juga belum menguasai secara menyeluruh baik dari aspek konseptual maupun praktis pembelajaran berdiferensiasi yang dirancang untuk mengakomodasi keberagaman siswa. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan ALSAK (Alqur'an, Sains, dan Karakter), yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa secara lebih efektif. Program pengabdian kepada masyarakat ini adalah kelanjutan dari penelitian sebelumnya dalam program Penelitian Dosen Pemula (PDP), yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran aktif berbasis ALSAK guna meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei dan 21 Juni 2024, dibagi dalam empat tahap utama: persiapan kegiatan, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM), praktik pembelajaran terpadu terkait isu kekerasan seksual pada anak, serta evaluasi dan keberlanjutan program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil melatih guru MI DU dalam menerapkan pembelajaran berbasis ALSAK. Peserta pelatihan umumnya menunjukkan sikap positif, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias, serta memperoleh perspektif baru tentang pembelajaran yang berfokus pada pengintegrasian nilai-nilai keislaman, sains, dan karakter dalam proses belajar-mengajar.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to Abdi Dharma all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to Abdi Dharma from the date the article is accepted for publication. I also understand that Abdi Dharma, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that Abdi Dharma permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.
Abstract views: 35 / PDF downloads: 25