Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Discovery learning Berbantuan Virtual Reality
Main Article Content
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkontribusi pada peningkatan kemajuan di berbagai bidang, terutama bidang pendidikan. Kegiatan ini merupakan pelatihan pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Discovery Learning dengan pemanfaatan teknologi Virtual Reality untuk mendukung revolusi industri 5.0, yang diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk media pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pencapaian pemahaman HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan skenario pembelajaran. Pelatihan ini diikuti oleh 29 guru IPA SMP di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemetaan kebutuhan guru, pengenalan MileaLab, perancangan dan pemilihan topik pembelajaran IPA di MileaLab yang dikembangkan menjadi LKPD berbasis Discovery Learning yang dibantu oleh teknologi Virtual Reality, serta evaluasinya. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang III, lantai 1 FMIPA UNY. Tahapan kegiatan yang dilakukan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, berbagai metode dilakukan seperti lokakarya, demonstrasi, dan praktik terpandu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner Skala Guttman terkait pengetahuan awal dan persepsi guru terhadap Virtual Reality. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa para guru yang mengikuti pelatihan mampu merancang dan memilih topik di Millealab yang akan dikembangkan menjadi LKPD berbasis Discovery Learning yang dibantu oleh teknologi Virtual Reality.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to Abdi Dharma all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to Abdi Dharma from the date the article is accepted for publication. I also understand that Abdi Dharma, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that Abdi Dharma permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.
Abstract views: 44 / PDF downloads: 45