Sosialisasi Anti-Bullying dan Kekerasan pada Perguruan Buddhi dan Setia Bhakti Kota Tangerang
Main Article Content
Abstract
Maraknya kasus bullying dan kekerasan di lingkungan sekolah yang sering kali tidak terawasi dengan baik menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan. Tindakan bullying dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan siswa, baik bagi korban maupun pelaku. Berangkat dari permasalahan tersebut, Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan utama meningkatkan pemahaman siswa mengenai bullying serta memberikan mereka strategi untuk menolak dan mengatasi tindakan tersebut. Beberapa metode yang diterapkan dalam sosialisasi ini meliputi presentasi interaktif, diskusi berbagi pengalaman, serta role play yang melibatkan siswa secara langsung. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa tidak hanya memahami konsep bullying secara teoritis, tetapi juga mampu mengenali bentuk-bentuk bullying serta mengembangkan keterampilan dalam menghadapi situasi yang berpotensi merugikan mereka. Berdasarkan hasil temuan selama pelaksanaan program, diketahui bahwa bentuk bullying yang sering terjadi di lingkungan sekolah meliputi penghinaan terkait orang tua, body shaming, pemberian julukan yang merendahkan, serta cyber bullying melalui media sosial. Jenis-jenis tindakan ini memberikan dampak psikologis yang cukup besar terhadap korban, seperti penurunan rasa percaya diri, kecemasan, bahkan depresi. Oleh karena itu, sebagai langkah konkret dalam pencegahan bullying, program ini berhasil membentuk Duta Anti-Bullying dan Kekerasan di setiap tingkatan sekolah. Para duta ini memiliki tanggung jawab untuk membantu investigasi kasus bullying serta melaporkan kejadian yang mereka temui kepada pihak sekolah guna mencegah eskalasi lebih lanjut. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis interaksi aktif efektif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa dalam mencegah bullying di lingkungan sekolah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa memiliki pemahaman yang lebih baik terkait dampak bullying serta mampu mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menanggulangi permasalahan tersebut, baik secara individu maupun dalam kelompok sosial mereka.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to Abdi Dharma all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to Abdi Dharma from the date the article is accepted for publication. I also understand that Abdi Dharma, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that Abdi Dharma permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.

