PROYEK REKAYASA PERANGKAT LUNAK SISTEM PERMINTAAN PERUBAHAN PROGRAM PADA PT PRIMA

  • Lily Damayanti Universitas Buddhi Dharma

Abstract

PT Prima adalah perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang retail untuk kesehatan dan makanan. Perusahaan memiliki divisi teknologi informasi untuk mendukung kinerja dari dari hulu ke hilir perusahaan. Divisi teknologi informasi pada PT Prima dibagi menjadi beberapa unit kerja, dimana unit kerja ini didedikasikan untuk masing-masing bisnis unit perusahaan. Unit-unit kerja tersebut memiliki tanggung jawab melayani kebutuhan pengguna terkait dengan permintaan pengembangan system, pembuatan program aplikasi, dan permintaan perubahan program ketika aplikasi sudah di implementasikan. Semua perangkat
lunak berupa program aplikasi yang sudah di implementasikan pada PT Prima akan masuk pada fase pemeliharaan dan pengawasan. Seiring pertumbuhan bisnis perusahaan akan terjadi perubahan pada proses bisnisnya. Jika ini terjadi maka akan berdampak pada program aplikasi yang digunakan, karena sistem berjalan tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna karena perubahan proses bisnis tersebut. Hal ini menyebabkan pengguna sistem akan mengajukan permintaan perubahan pada sistem aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karena banyaknya permintaan perubahan program sehingga Manager IT memutuskan untuk membuat proyek rekayasa perangkat lunak sistem permintaan perubahan program tersebut. Ruang lingkup proyek ini hanya mencakup tentang sistem permintaan perubahan. Tools yang digunakan adalah Use Case, Sequence Diagram, Class Diagram dan Entity Relationship Diagram (ERD). Proyek rekayasa perangkat lunak melibatkan tim yang terdiri dari sistem analis dan programmer. Jangka waktu pelaksanaan proyek adalah 2(dua) bulan. Sedangkan model proses yang digunakan terbagi menjadi 5(lima) fase yaitu Capturing, Designing, Coding, User Testing dan Release.

Published
2021-10-27
How to Cite
DAMAYANTI, Lily. PROYEK REKAYASA PERANGKAT LUNAK SISTEM PERMINTAAN PERUBAHAN PROGRAM PADA PT PRIMA. Akselerator : Jurnal Sains Terapan dan Teknologi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 84-99, oct. 2021. ISSN 2721-7779. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/aksel/article/view/1004>. Date accessed: 26 june 2022.
Section
Articles