Analisis Kelayakan Investasi Teknologi Informasi Pada Sektor Pendidikan

Analisis Kelayakan Investasi Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Cost Benefit Analysis

Authors

  • Maysha Permata Putri Universitas Buddhi Dharma
  • Riki Riki Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Indonesia

Abstract

Dewasa ini teknologi berjalan dengan sangat cepat, terutama pada sektor pendidikan. Untuk mengimbangi kemajuan teknologi, sektor pendidikan mengembangkan sistem teknologi informasi pembelajaran elektronik, E-learning. Untuk membangun sistem tersebut, sekolah-sekolah harus melakukan investasi dalam pembangunan serta pengembangannya, tentu saja melakukan investasi membutuhkan banyak pertimbangan terkait kegagalan dan keberhasilan. Mengingat masih adanya persaingan di sektor pendidikan, sekolah haruslah memiliki strategi untuk menjamin bahwa investasi yang dilakukan akan sesuai dengan visi dan misi dari alasan pembuatannya, serta memberi feedback yang sepadan bagi sekolah.  

Penelitian ini membahas kelayakan investasi teknologi informasi yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas X dengan menghitung kelayakan tersebut menggunakan metode Cost Benefit Analysis, sehingga dapat diketahui apakah investasi akan memberikan manfaat juga meningkatkan kualitas bagi sekolah. Artikel ini akan membahas proses Cost Benefit Analisis dimulai dari identifikasi biaya (cost) dan manfaat (benefit), juga perhitungannya dengan menggunakan alat analisis finansial Net Present Value, Payback Period, dan Return on Investment.

Hasil dari penelitian menggunakan Cost Benefit Analysis membuktikan bahwa investasi layak untuk dipertahankan. Dilansir dari sisi perkembangan era teknologi saat ini, dengan melakukan investasi teknologi informasi di sektor pendidikan membuat kualitas pembelajaran meningkat, dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif sehingga menguntungkan bagi banyak pihak terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-26