PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISIS POLA TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN METODE ASSOCIATION RULE ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS : PT. TUMBAKMAS NIAGA SAKTI)
Abstract
Data transaksi penjualan pada PT. Tumbakmas Niaga Sakti selama ini hanya disimpan sebagai arsip. Padahal, data tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan produk. Sehingga selama ini perusahaan membuat strategi promosi yang kurang tepat sasaran dikarenakan kurangnya informasi yang didapat untuk mengetahui pola pembelian konsumen. Dalam hal ini, perlu dilakukan analisis data transaksi untuk mendapatkan pola pembelian yang dapat diamati melalui data transaksi penjualan. Dengan menggunakan metode data mining yaitu algoritma fp-growth atau sering disebut Market Basket Analysis (MBA) dapat digunakan untuk menganalisis perilaku pola pembelian konsumen yang menghasilkan kaidah asosiasi dan mengetahui seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lainnya. Dari pemanfaatan algoritma fp-growth, perusahaan mendapatkan informasi yang dapat membantu untuk menentukan menu bundling atau paket penjualan produk retail dan pola pembelian konsumen di PT. Tumbakmas Niaga Sakti sehingga mempermudah perusahaan dalam membuat keputusan dan strategi untuk meningkatkan penjualan.