Pengukuran Keterkendalian Kualitas Produk Celana Jeans EDWIN VEGAS 01 dengan Metode Six Sigma di PT. Sapta Kharisma Cemerlang

  • Abidin Abidin Universitas Buddhi Dharma
  • Sherly Sherly Universitas Buddhi Dharma

Abstract

PT. Sapta Kharisma memproduksi celana jeans merek EDWIN jenis produk VEGAS 01. Salah satu langkah pengendalian sekaligus peningkatan kualitas adalah Six Sigma. Untuk menjalankan Six Sigma dilakukan lima langkah yaitu define, measure, analyze, improve dan control (DMAIC). Berdasarkan data pada bulan Januari hingga Maret 2019, produksi berada pada 3,836 sigma dengan kapabilitas proses 98,5% yang dikategorikan seperti rata-rata industri. Terdapat 2 jenis critical to quality (CTQ) yang ditemukan yaitu cacat bahan dan cacat cucian. Diagram pareto menunjukan cacat bahan yang paling dominan, maka perbaikan lebih difokuskan untuk menekan jenis cacat tersebut. Penyebab yang ditemukan diantaranya pekerja masih kurang sadar akan kualitas, tahapan inspeksi yang kurang tepat, dan kualitas bahan yang masih kurang baik. Solusi yang diusulkan adalah memesan bahan baku dengan kualitas lebih baik, meningkatkan kesadaran pekerja mengenai kualitas, menetapkan SOP berikut pelatihannya, pencatatan pada lembar periksa, memotong kain yang cacat sebelum diberikan ke lantai produksi dan menambahkan tahap inspeksi sebelum pencucian.

Published
2020-10-27
How to Cite
ABIDIN, Abidin; SHERLY, Sherly. Pengukuran Keterkendalian Kualitas Produk Celana Jeans EDWIN VEGAS 01 dengan Metode Six Sigma di PT. Sapta Kharisma Cemerlang. Akselerator : Jurnal Sains Terapan dan Teknologi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 45-52, oct. 2020. ISSN 2721-7779. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/aksel/article/view/450>. Date accessed: 23 apr. 2021.