USULAN PENINGKATAN KUALITAS FILTER PART SPIRAL TUBE TIPE OIL FILTER SPIN ON MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DENGAN PENDEKATAN DMAIC DI PT. SELAMAT SEMPURNA TBK.

  • Hophin Fredeick Gautama
  • Alek Alek Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Selamat Sempurna Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur otomotif yang memproduksi berbagai macam filter bahan bakar, filter oli, filter udara, dan filter cabin untuk kendaraan roda empat atau lebih dengan berbagai tipe. Salah satu langkah pengendalian sekaligus peningkatan kualitas adalah Six Sigma. 5 langkah menjalankan Six Sigma terdiri dari define, measure, analyze, improve dan control (DMAIC). Dalam penelitian ini, Six Sigma diterapkan pada filter part Spiral Inner Tube tipe Oil Filter Spin On. Data yang dipakai pada bulan Januari hingga Oktober 2020, produksi berada pada 5,16 sigma dengan kapabilitas proses 99,89%. Terdapat 9 jenis critical to quality (CTQ) yang ditemukan dengan data dan analisa diagram pareto menunjukan bahwa tube kepanjangan, tube kependekan, dan tube gagal potong merupakan jenis cacat yang paling dominan, maka perbaikan lebih difokuskan untuk menekan jenis cacat tersebut. Penyebab yang ditemukan dipengaruhi oleh 4 masalah utama, yaitu machine, man, method, dan material dengan faktor machine yang paling mempengaruhi dibandingkan faktor lainnya. Solusi yang diusulkan adalah perlunya dilakukan perawatan pada mesin, memperbaharui SOP, meningkatkan kesadaran pekerja mengenai pentingnya menjaga kualitas, menetapkan jadwal pelatihan rutin, serta menambah operator khusus inspeksi.

Published
2021-10-27
How to Cite
GAUTAMA, Hophin Fredeick; ALEK, Alek. USULAN PENINGKATAN KUALITAS FILTER PART SPIRAL TUBE TIPE OIL FILTER SPIN ON MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DENGAN PENDEKATAN DMAIC DI PT. SELAMAT SEMPURNA TBK.. Akselerator : Jurnal Sains Terapan dan Teknologi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 100-110, oct. 2021. ISSN 2721-7779. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/aksel/article/view/696>. Date accessed: 26 june 2022.
Section
Articles