PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PASCA KONVERGENSI IFRS ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2008 – 2012 )

Authors

  • Lusia Tungadi Universitas Buddhi Dharma
  • Farid Addy Sumantri Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v8i1.100

Keywords:

laporan keuangan, kualitas audit, ukuran KAP, KAP Tenure, Client Importance, konvegensi IFRS, manajemen lab

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba pasca konvergensi IFRS studi empiris pada Perusahaan Industri Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2012.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang merupakan laporan keuangan tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 dari Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam Industri Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2012. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 21 perusahaan dalam lima ( 5 )  tahun. Sampel diambil secara purposive sampling dan memenuhi kriteria pemilihan sampel.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen memiliki hasil tidak berpengaruh secara signifikan dan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel dependen, yaitu Ukuran KAP dan KAP Tenure tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba dan Client Importance secara signifikan berpengaruh positif terhadap manajemen laba serta pengaruh konvergensi IFRS yang tidak mampu memoderasi kualitas audit yang diukur oleh ukuran KAP,  KAP tenure dan Client Importance terhadap manajemen laba

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-07-25

How to Cite

Tungadi, L., & Sumantri, F. A. (2016). PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PASCA KONVERGENSI IFRS ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2008 – 2012 ). AKUNTOTEKNOLOGI, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.31253/aktek.v8i1.100