Analisis Perbandingan Antara Return On Investment (Roi) Dengan Economic Value Added (Eva) Sebagai Pengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Bumn Subsektor Konstruksi Yang Terdaftar Di BEI

  • Efita Juliani Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil pengukuran kinerja keuangan perusahaan BUMN subsektor konstruksi yang terdaftar di BEI dengan menggunakan metode ROI dan mengukur kinerja perusahaan pada perusahaan BUMN subsektor konstruksi yang terdaftar di BEI dengan metode EVA. Data dalam penelitian ini berupa laporan keuangan perusahaan yang telah di laporankan ke Bursa Efek Indonesia.


Metode hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Kruskall Wallis dan Mann Whitney U. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara metode ROI dan EVA dalam mengukur kinerja keuangan perusahaan.


Kesimpulannya adalah pengukuran dengan metode EVA lebih memberikan hasil yang baik dan mencapai standar penilaian dari pada menggunakan ROI, namun hasil ROI tetap positif hanya saja tidak mencapai standar penilaian yang sudah ditentukan

Published
2016-07-25
How to Cite
JULIANI, Efita; HERIJAWATI, Etty. Analisis Perbandingan Antara Return On Investment (Roi) Dengan Economic Value Added (Eva) Sebagai Pengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Bumn Subsektor Konstruksi Yang Terdaftar Di BEI. AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 24-31, july 2016. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/107>. Date accessed: 01 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v8i1.107.