Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

  • Monalisa Sriningsih Manurung Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh Likuiditas yang diproksikan dengan Current Retio (CR) dan Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE) terhadap Nilai Perusahaan (Rasio Tobin’s Q) pada Perusahaan Manufaktur sektor Logam dan  Jenisnya  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015.


            Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Data sampel penelitian sebanyak sebanyak 5 perusahaan dari 16 perusahaan selama periode pengamatan empat tahun pada sektor logam dan jenisnya. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 0,05 dengan alat bantu SPSS (Statistical Package For Social Sciences) Versi 21.00.


            Berdasarkan hasil analitis data disimpulkan bahwa likuiditas (CR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan koefisien regresi sebesar -0,007 dan nilai signifikansi 0,654, sehingga hipotesis pertama ditolak. Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan koefisien regresi 1,479 dan nilai signifikansi 0,029 sehingga hipotesis kedua diterima. Hasil uji kesesuaian model menunjukkan bahwa secara simultan likuiditas (CR) dan profitabilitas (ROE) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 2,990 dan nilai signifikansi 0,077. Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,260 atau 26,60% dan sisanya 73,40% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian

Published
2016-12-20
How to Cite
MANURUNG, Monalisa Sriningsih; HERIJAWATI, Etty. Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 1-6, dec. 2016. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/112>. Date accessed: 16 sep. 2019.