Analisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Perbankan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v8i2.113Keywords:
Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Moderasi, Regresi LinearAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi.
Sampel penelitian adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam tahun 2010-2014 dan ditetapkan dengan menggunakan metode purposive sampling.Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 100 perusahaan.Metode analisa data adalah analisaregresi linear untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan ditunjukkan dengan PBV (t hitung=1.260; Sig=0.211).Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa profitabilitas bukan variabel moderasi (t hitung=0.515; Sig=0.608) hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadapnilai perusahaan