Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Audit Report Lag ( Perusahaan Manufaktur Food And Beverage Dan Tobacco Manufacturer Tahun 2010 - 2014 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia )

  • Livy Livy Universitas Buddhi Dharma
  • Sutandi Sutandi Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ukuran perussahaan, profitabilitas dan solvabilitas berpengaruh terhadap audit report lag. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur food and beverage, dan tobacco manufacturer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 – 2014. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan analisis regresi berganda.


            Hasil penelitian ini menunjukkan secara silmutan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap audit report lag. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan dari tiga variabel hanya satu variable yang tidak berpengaruh terhadap audit report lag yaitu, ukuran perusahaan dengan tingkat signifikan sebesar 0,386. Sedangkan variabel profitabilitas dan solvabilitas berpengaruh terhadap audit report lag dengan tingkat signifikan lebih besar dari 0,05

Published
2016-12-20
How to Cite
LIVY, Livy; SUTANDI, Sutandi. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Audit Report Lag ( Perusahaan Manufaktur Food And Beverage Dan Tobacco Manufacturer Tahun 2010 - 2014 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 32-39, dec. 2016. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/117>. Date accessed: 27 may 2019.