Pengaruh Peningkatan (Ptkp),Kemudahan Pembuatan (Npwp),Pembebasan Fiskal Bagi Pemilik Npwp, Dan Pelaporan Pph Menggunakan E-Spt/E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

  • Ari Nutriningrum Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sejauh mana pengaruh Kenaikan Penghasilan Tidak Kena PAjak (PTKP), Kemudahan pendaftaran NPWP, Bebas fiscal bagi pemilik NPWP dan Pelaporan pajak menggunakan e-SPT/ e-filing terhadap Kepatuhan WAjib Pajak Pribadi . Dan juga menganalisis pengaruh keempat varaibel secara bersama-sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metodenya Regresi Linear Berganda menggunakan software SPSS versi 16. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang berpenghasilan kurang dari 10 juta perbulan di wilayah KPP Tamansari 2, Jakarta Barat.Data diambil menggunakan data primer dengan meminta responden mengisi kuesioner yang diberikan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kenaikan PTKP berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pribadi , Kemudahan Pendaftaran NPWP berpengaruh postif terhadap Kepatuhan wajib pajak pribadi, Bebas Fiskal bagi pemilik NPWP tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan wajib pajak pribadi dan Pelaporan pajak menggunakan e-SPT/ e-filing berpengaruh positif terhadap Kepatuhan WAjib Pajak Pribadi.Sedangkan keempat variabel independent secara bersama-sama / simultan mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi sebesar 36,5%.

Published
2016-12-20
How to Cite
NUTRININGRUM, Ari. Pengaruh Peningkatan (Ptkp),Kemudahan Pembuatan (Npwp),Pembebasan Fiskal Bagi Pemilik Npwp, Dan Pelaporan Pph Menggunakan E-Spt/E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 59-74, dec. 2016. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/120>. Date accessed: 27 may 2019.