Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2016)

  • Wildan Cavarega Wijaya Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Nilai perusahaan menggambarkan kinerja perusahaan dalam suatu periode. Semakin tinggi nilai perusahaan maka harga saham cenderung tinggi, sehingga para investor tertarik untuk menanamkan modalnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Nilai perusahaan diukur oleh Price to Book Value (PBV).


Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terdiri atas uji Adjusted R2, analisis regresi berganda, serta uji parsial (uji t) terhadap 12 perusahaan property &real estate.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas dan Kebijakan Dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sementara Kebijakan Hutang berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.


Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0.648 atau 64.8 %. Hal ini berarti 64.8 % variabel dependen yaitu nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen. Sedangkan 35.2 % dijelaskan oleh faktor lain seperti keputusan investasi, likuiditas, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Published
2017-07-19
How to Cite
WIJAYA, Wildan Cavarega; HERIJAWATI, Etty. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2016). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 58-67, july 2017. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/239>. Date accessed: 01 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v9i1.239.