Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Pribadi (Studi Pada Beberapa Usaha Kecil di Kota Tangerang)

  • Christianty Christianty Universitas Buddhi Dharma
  • Limajatini Limajatini Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kesadaran kewajiban perpajakan pada usaha kecil dan menengah khususnya pada beberapa usaha kecil dan kafe di kota Tangerang. Dari kajian tersebut diambil empat faktor yaitu : Kesadaran Membayar Pajak, Persepsi yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Kontribursi yang Dirasakan Atas Pemungutan Pajak.


            Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convinience sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 orang. Oleh sebab itu dilakukan pengambilan sampel, dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi berganda.


            Dari hasil analisis diperoleh angka R sebesar 0,668. Hal ini menunjukan angka R dengan korelasi 0,60 – 0,799 memiliki hubungan yang  kuat antara Kesadaran Membayar Pajak, Persepsi yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, dan Kontribursi yang Dirasakan Atas Pemungutan Pajak terhadap Kepatuhan Membayar Pajak.


Variabel yang berpengaruh terhadap Kepatuhan Membayar Pajak dalam penelitian ini dapat ditunjukan dari nilai Sig yang paling kecil. Variabel Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan (X3) dengan sig nilai 0,000 dan variabel Persepsi yang Baik atas Efektifitas Sistem Perpajakan (X2) dengan nilai Sig sebesar 0,025 yang paling kecil sehingga variabel independen tersebut yang paling berpengaruh dominan terhadap Kepatuhan Membayar Pajak. 


  Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa : Kesadaran Membayar Pajak, Persepsi yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Kontribursi yang Dirasakan Atas Pemungutan Pajak, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Membayar Pajak

Published
2017-12-21
How to Cite
CHRISTIANTY, Christianty; LIMAJATINI, Limajatini. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Pribadi (Studi Pada Beberapa Usaha Kecil di Kota Tangerang). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 9-19, dec. 2017. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/242>. Date accessed: 05 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v9i2.242.