Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2014)

  • Septian Dinata Jayadi Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh ukuran Laba Bersih, Arus Kas Operasi, dan Debt to Equity Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011 – 2014.     Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang merupakan laporan keuangan tahun 2011 – 2014 dari Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi subsektor makanan dan minumanyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2014. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 5 perusahaan dalam empat tahun. Sampel diambil secara purposive sampling dan memenuhi kriteria pemilihan sampel.


Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 20 dengan menggunakan metode analisis data berupa uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas kolmogorov-smirnov, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), analisis koefisien determinasi, uji statistik t, uji statistik f, dan analisis regresi berganda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mencari bukti apakah variabel laba bersih, arus kas operasi dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap harga saham perusahaan secara parsial dan simultan (bersama-sama).


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seluruh variabel independen memiliki hasil berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, yaitu Laba Bersih, Arus Kas Operasi, dan Debt to Equity Ratiosecara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dan juga berpengaruh secara simultan terhadap Harga Saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2014.

Published
2017-12-21
How to Cite
JAYADI, Septian Dinata; HERIJAWATI, Etty. Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2014). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 27-38, dec. 2017. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/244>. Date accessed: 05 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v9i2.244.