Analisis Laporan Arus Kas Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

  • Yan Annie Lius Universitas Buddhi Dharma
  • Yuriyandhi Yuriyandhi Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi arus kas bila dilihat dari perspektif aktivitas operasi, investasi dan pendanaan dan menganalisis kinerja keuangan pada perusahaan industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diukur dengan menggunakan analisis informasi arus kas dalam bentuk rasio selama tahun 2012 sampai 2014.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif analisis, dimana penelitian komparatif yang dimaksud adalah sejenis dengan penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dimana dari empat perusahaan yang tercatat hanya ada dua perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian dan dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu PT. Gudang Garam Tbk (GGRM) dan PT. Handjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP).


Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan dari kedua perusahaan industri rokok yang dijadikan sebagai objek penelitian menunjukkan bahwa PT. Handjaya Mandala Sampoerna Tbk merupakan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang paling baik, dilihat dari hasil perhitungan rasio-rasio arus kas yang lebih baik serta nilai penjualan yang tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Published
2017-12-21
How to Cite
LIUS, Yan Annie; YURIYANDHI, Yuriyandhi. Analisis Laporan Arus Kas Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 61-73, dec. 2017. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/247>. Date accessed: 05 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v9i2.247.