Pengaruh Akuntabilitas, Kode Etik, Transparansi, Dan Fee Audit Terhadap Kualitas Audit (Studi kasus: KAP di JABOTABEK)

  • Tiurma Manalu Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akuntabilitas, kode etik, transaparansi, dan fee audit terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik di JABOTABEK.


Metode pengambilan sampel pada penelitan ini menggunakan teknik Convenience Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50  responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji determinasi, uji regresi linear berganda, uji simulltan (uji f), dan uji hipotesis (uji T).


Hasil penetian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, kode etik berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, transparansi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, dan fee audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Melalui uji signifikasi (uji F) menunjukkan hasil bahwa keempat variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

Published
2018-12-20
How to Cite
MANALU, Tiurma; WIBOWO, Susanto. Pengaruh Akuntabilitas, Kode Etik, Transparansi, Dan Fee Audit Terhadap Kualitas Audit (Studi kasus: KAP di JABOTABEK). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 1-16, dec. 2018. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/255>. Date accessed: 12 nov. 2019.