Pengaruh Tax Planning, Pertumbuhan Penjualan, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021

Authors

  • David Kiki Universitas Buddhi Dharma
  • Marsella Yudhita Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v15i2.2630

Keywords:

Tax Planning, Pertumbuhan Penjualan, Kebijakan Manajerial, Ukuran Peruahaan, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tax planning, pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Sedangkan variabel independennya adalah tax planning, pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 16 perusahaan yang dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 29. Berdasarkan uji parsial menunjukkan variabel tax planning dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan, variabel pertumbuhan penjualan dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji secara simultan menyatakan bahwa variabel tax planning, pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-08

How to Cite

Kiki, D., & Marsella Yudhita. (2023). Pengaruh Tax Planning, Pertumbuhan Penjualan, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021. AKUNTOTEKNOLOGI, 15(2), 139–146. https://doi.org/10.31253/aktek.v15i2.2630