Pengaruh Lingkungan Sosial, Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Desa Tegalangus)

  • Irna Yohana Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber utama penerimaan kas Negara dengan salah satu manfaatnya guna pembangunan Nasional. Namun, pada kenyataannya masih ada wajib pajak yang tidak patuh, kaitannya dalam hal membayar pajak. Sehingga hal ini akan berdampak pada realisasi penerimaan pajak yang tidak mencapai target.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan menganalisis Lingkungan Sosial, Tingkat Pendidikan dan Tingkat PendapatanTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Dalam kaitannya dengan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.


Sumber data penelitian ini, yaitu responden wajib pajak orang pribadi yang berada di Desa Tegal Angus. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menggunakan daftar pertanyaan berupa kuesioner yang sudah terstruktur dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dari wajib pajak di Desa Tegal Angus. Sampel yang digunakan adalah 101 orang. Metodoe penentuan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Uji Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 24.


Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa Lingkungan Sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, kemudian diikutiĀ  dengan Tingkat Pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan nilai sig. 0,012 < 0,05 dan Tingkat Pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.

Published
2019-12-02
How to Cite
YOHANA, Irna; WIBOWO, Susanto. Pengaruh Lingkungan Sosial, Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Desa Tegalangus). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 55-66, dec. 2019. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/279>. Date accessed: 20 jan. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v11i2.279.