Pengaruh Persepsi Pemahaman Pajak, Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Faktor Sosial Dan Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surakarta)

  • Ari Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Nur Kholis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi: (1) Pemahaman Pajak, (2) Kegunaan, (3) Kemudahan Penggunaan, (4) Faktor Sosial dan (5) Kesiapan Teknologi Informasi untuk Penggunaan e-Filing (Studi tentang Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surakarta). Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan 60 responden Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surakarta. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini: (1) Persepsi Pengertian Pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-Filing. (2) Persepsi Kegunaan secara signifikan mempengaruhi penggunaan e-Filing. (3) Persepsi Kemudahan penggunaan tidak secara signifikan mempengaruhi penggunaan e-Filing. (4) Faktor Sosial tidak secara signifikan mempengaruhi penggunaan e-Filing. (5) Kesiapan Teknologi Informasi tidak secara signifikan mempengaruhi penggunaan e-Filing. (6) Persepsi Pemahaman Pajak, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Faktor Sosial dan Kesiapan Teknologi Informasi berpengaruh terhadap penggunaan e-Filing secara bersamaan.

Published
2020-07-21
How to Cite
LESTARI, Ari; KHOLIS, Nur. Pengaruh Persepsi Pemahaman Pajak, Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Faktor Sosial Dan Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surakarta). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 41-55, july 2020. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/369>. Date accessed: 09 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v12i1.369.