PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO ASSET RATIO, CAPITAL INTENSITY DAN INVENTORY INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Bidang Farmasi dan Kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018)

Authors

  • Derian Leo Naldo UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
  • Mikael Surjana UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
  • Sofian Sugioko UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
  • Pricilla Dwiwahyuni UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v13i1.673

Keywords:

Agresivitas Pajak, Return On Assets, Debt To Asset Ratio, Capital Intensity, Inventory Intensity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Return On Assets, Debt To Asset Ratio, Capital Intensity dan Inventory Intensity terhadap agresivitas pajak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang telah diaudit pada perusahaan manufaktur subsektor farmasi dan subsektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan dan periode penelitian selama 3 tahun pengamatan berturut-turut sehingga total sampel sebanyak 24 data. Pengolahan Data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 24 dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian yang telah diolah menunjukan bahwa nilai signifikan Return On Assets sebesar 0,028, nilai signifikan Debt To Asset Ratio sebesar 0,000, nilai signifikan Capital Intensity sebesar 0,220 dan nilai signifikan Inventory Intensity sebesar 0,671. Serta hasil penelitian ini menunjukan bahwa Capital Intensity dan Inventory Intensity tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan Return On Assets dan Debt To Asset Ratio berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-29

How to Cite

Naldo, D. L., Surjana, M., Sugioko, S., & Dwiwahyuni, P. (2020). PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO ASSET RATIO, CAPITAL INTENSITY DAN INVENTORY INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Bidang Farmasi dan Kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018). AKUNTOTEKNOLOGI, 12(2), 136–151. https://doi.org/10.31253/aktek.v13i1.673