Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018)

  • Regita Meidianti Dwi Cahya UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
  • Metta Susanti UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
  • Aldi Samara UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
  • David Kiki Samosir UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA

Abstract

Nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan perusahaan dengan cara memaksimalkan nilai saham. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga variabel yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang bersumber dari data laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel data dalam penelitian ini mnenggunakaan 6 perusahaan yang konsisten mempublikasikan laporan keuangannya di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seluruh variabel independen secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan

Published
2019-07-24
How to Cite
DWI CAHYA, Regita Meidianti et al. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 109-120, july 2019. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/674>. Date accessed: 26 june 2022. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v13i1.674.