Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub-Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

  • Georgius Listen Universitas Buddhi Dharma
  • Tri Angreni Universitas Buddhi Dharma
  • Adrian Hidayat Universitas Buddhi Dharma
  • Donny Yana Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh struktur modal (DER), profitabilitas (ROE), dan ukuran perusahaan (total aset) terhadap nilai perusahaan (EPS). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan yang dipublikasikan berupa neraca dan laporan laba rugi perusahaan manufaktur sub-sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017.
Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 3 perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur modal (DER), profitabilitas (ROE), dan ukuran perusahaan (total aset) sebagai variabel independen, dan nilai perusahaan (EPS) sebagai variabel dependen.
Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini adalah untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan data laporan keuangan lebih dari tujuh tahun serta data perusahaan lebih dari tiga perusahaan. Saran lainnya adalah dengan memperkuat asumsi dengan teori dan didukung dengan fakta-fakta yang akan semakin menguatkan pendapat peneliti.

Published
2018-07-17
How to Cite
LISTEN, Georgius et al. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub-Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 126-135, july 2018. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/774>. Date accessed: 06 july 2022. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v10i1.774.