Analisis Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas Untuk Menilai Going Concern Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018

  • Tri Angreni Universitas Buddhi Dharma
  • Adrian Hidayat Universitas Buddhi Dharma
  • Georgius Listen Universitas Buddhi Dharma
  • Donny Yana Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai going concern perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang terdiri dari PT Alam Sutera Realty Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, PT Ciputra Development Tbk, PT Lippo Karawaci Tbk, dan PT Modernland Realty Tbk. Dalam menilai going concern perusahaan, diambil perhitungan rasio likuiditas dan rasio profitabilitas.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif berupa laporan keuangan masing-masing perusahaan tahun 2016 sampai dengan 2018. Setelah data terkumpul, maka data diolah dan dianalisis dengan rasio likuiditas dan rasio profitabilitas
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, maka diperoleh hasil yaitu perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari PT Alam Sutera Realty Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, PT Ciputra Development Tbk, PT Lippo Karawaci Tbk, dan PT Modernland Realty Tbk dilihat dari rasio likuiditas dan rasio profitabilitas selama tiga tahun memperoleh hasil yang berbeda-beda. Namun secara keseluruhan masing-masing perusahaan sudah memiliki kondisi keuangan yang cukup baik. Hal ini tercermin dengan meningkatnya keutungan setiap tahunnya.

Published
2019-07-24
How to Cite
ANGRENI, Tri et al. Analisis Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas Untuk Menilai Going Concern Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 121-128, july 2019. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/akunto/article/view/776>. Date accessed: 26 june 2022. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v11i1.776.