Analisis Perancangan Sistem untuk Kepuasan Pelanggan pada UD.Shinta Elektronic dengan Menggunakan Metode Algoritma C4.5

  • Steven Chris FST
  • Edy - Universitas Buddhi Dharma
  • Dera Susilawati Universitas Buddhi Dharma

Abstract


Kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting yang harus dicapai dalam suatu layanan. Dalam upaya mendatangkan konsumen baru yang berpotensi menjadi pelanggan, banyak faktor yang harus diperhatikan melalui harga, kualitas, dsb. Dalam menilai kepuasan pelanggan, peniliti menggunakan metode Algoritma C4.5 Decision Tree untuk mengklasifikasi pelanggan yang puas maupun tidak puas. Metode ini dapat digunakan untuk skala data yang banyak dan kontinuu. Karena ketidakadaan data nama pembeli, peniliti membuat aplikasi survei aftersales yang bertujuan untuk menentukan apakah berbelanja di UD.Shinta Electronic membuat pembeli puas ataupun tidak. Menggunakan metode C4.5 dan aplikasi mobile, peneliti dapat mendapatkan feedback dari pembeli UD.Shinta Electronic dan pengujian menggunakan RapidMiner dengan algoritma C4.5 diperoleh hasil akurasi data mencapai 93,33% dengan kriteria Excellent Classification.


 



Published
2020-05-25
How to Cite
CHRIS, Steven; -, Edy; SUSILAWATI, Dera. Analisis Perancangan Sistem untuk Kepuasan Pelanggan pada UD.Shinta Elektronic dengan Menggunakan Metode Algoritma C4.5. ALGOR, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 52-58, may 2020. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/algor/article/view/335>. Date accessed: 25 sep. 2020.