Perancangan Aplikasi Web Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Mining Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen PT Cipta Tunggal Elektronik
DOI:
https://doi.org/10.31253/algor.v3i1.640Keywords:
data mining, apriori, asosiasi, association rule, CRISP-DM, web, aplikasiAbstract
PT. Cipta Tunggal Elektronik merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distribusi sound system yang membutuhkan strategi promosi dalam penjualannya. Analisa pola pembelian konsumen dapat membantu perusahaan dalam membentuk paket penjualan agar promosi yang dilakukan tepat sasaran. Proses menganalisa pola pembelian konsumen yang dilakukan secara manual tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian serta perancangan sebuah aplikasi yang dapat mengetahui pola pembelian konsumen dengan metode asosiasi, serta menggunakan apriori sebagai algoritmanya. Oleh karena itu, maka diperlukan sebuah rancangan aplikasi berbasis web dengan algoritma apriori. Hasil dari penelitian ini adalah dibuatnya sebuah aplikasi berbasis web yang dapat melakukan analisa pola pembelian dari data transaksi yang dimasukkan, dengan cara menentukan rentang tanggal pada data yang ingin dianalisa, serta memasukkan nilai minimum support dan minimum confidence yang diinginkan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.