Pengaruh Kualitas Layanan Dan Manfaat Sistem Pembayaran Aplikasi Ovo Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Berbasis Online (Grab) Di Kota Tangerang

  • Puspa Tiesa Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya pengaruh kualitas layanan dan manfaat sistem pembayaran aplikasi OVO yang berpengaruh terhadap kepuasaan konsumen pengguna jasa transportasi berbasis online (GRAB) di Kota Tangerang. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan analisis linear berganda, analisis koefisien korelasi, menghitung koefisien determinasi, uji F dan uji T. Dari hasil analisa regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 9.449 + 0,605 + 0,190 dimana artinya pada saat pengaruh variabel kualitas layanan terjadi peningkatan atau penurunan 1 poin maka variabel kepuasaan konsumen akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,605.Pada saat variabel manfaat sistem pembayaran aplikasi OVO terjadi peningkatan atau penurunan 1 poin maka variabel kepuasaan konsumen akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,395.


Hasil koefisien determinasi antara pengaruh kualitas layanan mempengaruhi kepuasaan pelanggan sebesar 73,8% dan sisanya sebesar 26,2% dipengaruhi oleh faktor lain, manfaat sistem pembayaran aplikasi OVO mempengaruhi kepuasaan konsumen sebesar 75% dan sisanya sebesar 25% dipengaruhi oleh faktor lain.


Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh dari Fhitung untuk kualitas layanan sebesar 145,340 dengan F tabel 3,08, untuk F hitung kualitas layanan sebesar 276,283 dengan Ftabel 3,08 yang diperoleh dari tabel distribusi. Dengan demikian, Ho ditolak pada tingkat kesalahan 5% dan Ha diterima pada tingkat keyakinan 95% karena Fhitung lebih besar dari pada Ftabel. Artinya terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas layanan dan manfaat sistem pembayaran aplikasi OVO terhadap kepuasaan konsumen pengguna jasa transportasi berbasis online (GRAB) di Kota Tangerang.


Berdasarkan hasil uji Thitung untuk kualitas layanan sebesar 8,189,di peroleh Thitung untuk manfaat sistem pembayaran aplikasi OVO sebesar 2,123, dimana untuk Ttabel sebesar 1,984 yang diperoleh dari tabel distribusi T untuk kebebasan (degree of freedom (df)) 100-2 = 98 dan level signifikasn = 0,5 (Thitung > Ttabel), berati Ho ditolak dan Ha diterima.

Published
2022-01-07
How to Cite
TIESA, Puspa. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Manfaat Sistem Pembayaran Aplikasi Ovo Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Berbasis Online (Grab) Di Kota Tangerang. EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 92-100, jan. 2022. ISSN 2827-7740. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi/article/view/1101>. Date accessed: 06 july 2022.
Section
Articles