Pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Peringkat Dan Layanan Pelanggan Online Sebagai Pilihan Berbelanja Di Marketplace Tokopedia
Keywords:
Ulasan Pelanggan Online, Peringkat, Layanan Pelanggan Online, Pilihan BerbelanjaAbstract
Model penelitian ini adalah studi kasus memakai cara menyebarkan kuesioner dengan rumus Yamane berbentuk online berupa google form, dengan metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif. Kesimpulan dari hasil analisis regresi linear berganda yang telah dilakukan, mendapatkan hasil yaitu Y =12.714 + 0,038 X1 + 0,312 X2 + 0,314 X3, dengan nilai koefisien korelasi ulasan pelanggan online, peringkat, dan layanan pelanggan online yaitu 0,655 berarti korelasi bersifat positive menyatakan mempunyai pengaruh kuat sebagai pilihan berbelanja berbagai kebutuhan produk fashion di marketplace Tokopedia dimasa pandemi covid 19 pada masyarakat kota Tangerang
Setelah pengujian hipotesis didapatkan thitung untuk ulasan pelanggan online sebesar 0,388, thitung lalu peringkat sebesar 3,163, t hitung untuk layanan pelanggan online sebesar 4,481, dan nilai ttabel yaitu 1,6607 didapatkan dalam ttabel distribusi untuk df = 100-3 = 97 dan level of significant 0,05. Oleh karena itu Ho diterima dan Ha ditolak untuk variabel ulasan pelanggan online, dan Ho ditolak dan Ha diterima untuk variabel peringkat dan layanan pelanggan online karena thitung > ttabel. Dari penelitian ini juga menghasilkan nilai variabel independent yaitu: ulasan pelanggan online mempunyai nilai signifikansi 0,699 > 0,05, peringkat memiliki besaran signifikansi 0,002 < 0,05 dan layanan pelanggan online memiliki besaran signifikansi 0,000 < 0,05 kepada variabel dependent : pilihan berbelanja. Jadi hasil akhir yang didapatkan yaitu ulasan pelanggan online tidak berpengaruh signifikan, sedangkan peringkat dan layanan pelanggan online berpengaruh signifikan sebagai pilihan berbelanja. Berdasarkan uji hipotesis yaitu nilai F dalan uji ANOVA diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,005 dan Fhitung 24,084 > 2,70 Ftabel sehingga menyimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.