Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar (Kurs) Rupiah Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Per Bulan Di Bursa Efek Indonesia Periode Januari 2018 Sampai Desember

Authors

  • Junaldo Junaldo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Inflasi, suku bunga Sertifikat Bank Indonesia, Naik turunnya perubahan kurs, IHSG atau Indeks Harga Sahamngan

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Indikator makro ekonomi Indonesia mengenai inflasi, suku bunga SBI, dan perubahan kurs, terhadap Indeks Harga Saham Gabungan( IHSG) di Bursa Efek Indonesia. Riset ini mengambil data dari waktu Januari 2018 sampai dengan Desember 2020. Objek utama dalam riset ini ialah IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan yang terdapat di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Informasi ini didapat merupakan informasi sekunder.

Jenis penelitian ini dilakukan ialah penelitian kuantitatif. Contoh metode yang dipakai dalam riset ini merupakan non probability sampling serta metode penentuan ilustrasi yang dipakai ialah purposive sampling. Tata cara analisis informasi yang digunakan merupakan analisa regresi liner berganda tingkatan of significan 0,05.

Riset ini menampilkan kalau: (1) iinflasi mempengaruhi positif secara detail terhadap IHSG, perihal ini diarahkan menggunakan cara yang signifikan sebesar 0, 001 < 0, 05. (2) SBI mempengaruhi negatif serta signifikan kepada Indeks Harga Saham Gabungan, perihal ini diatur sebesar 0, 001 < 0, 05. (3) pergantian kurs mempengaruhi ketidakstabilan dan berdampak terhadap Indeks Harga Saham Gabungan, perihal ini diarahkan dengan hasil nilai sebanyak 0,001< 0,05 yang arti nya angka lebih kecil dari pada kesalahan 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-17

Issue

Section

Articles