Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Costumer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan ACE Hardware Indonesia
Keywords:
Manfaat Pelayanan, Persepsi Harga, CRM, Kesetiaan PelangganAbstract
Studi dilaksanakan demi mengetahui berapa besar dampak Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Costumer Relationship Management terhadap loyalitas pelanggan ACE Hardware Indonesia dengan fokus Jabodetabek dan diluar Jabodetabek. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode Snowball Sampling, kuesioner kepada 100 responden pelanggan ACE Hardware Indonesia, Tehnik analisis data yang digunakan menjawab hipotesis penelitian ini adalah regresi berganda menggunakan pengolahan data SPSS 25.
Berdasarkan uji hipotesa t memperoleh pengaruh X1 dengan Y secara parsial t (hitung) 13,715 > t tabel1,984 nilai signifikan 0,000 < 0,05 Ha di terima Ho ditolak berdasarkan hipotesis t diperoleh pengaruh antara vaiabel X2 dengan Y 5,240 > t tabe1,984 nilai signifikan 0,000 <0,05 Ha di terima Ho ditolak berdasarkan hipotesis t diperoleh pengaruh X3 dengan Y 2,200 > t tabel 1,984 nilai signifikan 0,000 < 0,05 Ha diterima Ho ditolak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan Persepsi Harga, dan CRM terhadap Loyalitas Pelanggan.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis f nilai f hitung 118,090 > f tabel 3,09, 133,163 > f tabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < nilai probabilitas 0,05 , nilai f dan f hitung 93,902 > f tabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < nilai probabilitas 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis variabel Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, CRM sekaligus mempengaruhi Loyalitas Pelanggan.