Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Klub Bugar Gembira

Authors

  • Rendy Khemaloka Dhammaputta Universitas Buddhi Dharma
  • Berlin Silaban Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kualitas Produk, Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Kegiatan penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar kualitas produk, inovasi produk, dan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan di Klub Bugar Gembira. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Klub Bugar Gembira, dengan jumlah sampel yang sebanyak 120 orang yang merupakan konsumen dari Klub Bugar Gembira. Untuk teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada para responden atau konsumen di Klub Bugar Gembira. Hasil dari kuesioner yang telah didapatkan nantinya akan diolah kembali menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, hasil yang didapatkan yaitu nilai t hitung variabel kualitas produk sebesar 13,709, nilai t hitung variabel inovasi produk sebesar 16,108, dan nilai t hitung variabel kualitas pelayanan sebesar 16,165, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, inovasi produk, dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Klub Bugar Gembira. Kemudian, nilai f hitung yang didapatkan sebesar 113,424, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, inovasi produk, dan kualitas pelayanan secara bersamaan (simultan) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Klub Bugar Gembira.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29