Pengaruh Return On Investment, Earning Per Share, Return On Equity Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019-2022
Keywords:
Return On Investment, Earning Per Share, Return On Equity, Harga SahamAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami korelasi antara rasio Return On Investment (X1), Earning Per Share (X2), dan Return On Equity (X3) pada harga saham. Sampel yang digunakan yaitu laporan pencatatan keuangan Perusahaan manufaktur yang telah diakui dan terdaftar pada Bursa Efek Indonesia sejumlah 19 perusahaan. Dengan menggunakan metode purpose sampling dan ditentukan berdasarkan kriteria penentuan sampel. Alat bantu berupa Software yang dipergunakan dalam menguji penelitian ini adalah SPSS Versi 22. Berdasarkan hasil pengujian melalui uji t, rasio Return On Investment (X1) memberikan hasil nlai signifikan yaitu 0.000 < 0.05 dan Thitung -3.982 < Ttabel -1.993464, selanjutnya pada rasio Earning Per Share (X2) memberikan hasil signifikan yaitu 0.000 < 0.05 dan Thitung 10.337 > Ttabel 881.993464, dan terakhir rasio Return On Equity (X3) memperoleh nlai signifikan yaitu 0.000 < 0.05 dan Thitung 2.567 > Ttabel 1.993464 terhadap variabel Y atau Harga Saham. Dari hasil pengujian melalui uji F menghasilkan nilai signifikan yaitu 0.000 < 0.05 dan Fhitung 50.092 > Ftabel 2.498919 antara rasio Return On Investment (X1), rasio Earning Per Share (X2) dan rasio Return On Equity (X3) terhadap Harga Saham. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa variabel X yaitu, Return On Investment (X1), Earning Per Share (X2) dan Return On Equity (X3) secara positif mempengaruhi variabel Y atau Harga Saham.