PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHOPEE LIVE DI KOTA TANGERANG
Keywords:
Kualitas Pembelian, Promosi, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Dijaman yang semakin berkembang dengan pesat, semua orang berlomba-lomba mengembangkan kreativitas dalam berjualan online guna mendapatkan atensi masyarakat. Salah satu wadah untuk berjualan adalah platform Shopee, yang memiliki fitur berjualan Shopee Live. Dengan fitur tersebut semua penjual akan melakukannya, sehingga diperlukannya para penjual untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik, promo yang menarik, dan juga memperhatikan kualitas produk yang mereka jual pada fitur Shopee Live agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu pembelian sehingga menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan dan positif. Dalam penelitian ini penelitian kelompok deskriptif menggunakan teknik survei dengan menggunakan kuesioner. Sebanyak 132 responden dipilih secara acak dari masyarakat yang berdomisili di Kota Tangerang. Sebuah "hubungan" atau "pengaruh" digunakan untuk menggambarkan hubungan antara variabel independen dan dependen dalam analisis korelasi kuantitatif. Konsumen di Kota Tangerang yang menggunakan Shopee Live sangat dipengaruhi oleh kualitas produk, kualitas layanan, dan promosi, menurut laporan tersebut. Hasil uji masing-masing variabel menunjukkan besarnya pengaruh sebesar 75,9%, dan hasil uji determinasi sebesar 0,759. Temuan uji kualitas produk (uji thitung) (3,818> 1,656 dengan sig 0,000 < 0,05), promosi (3,373> 1,656 dengan sig 0,001 < 0,05), dan kualitas layanan (3,385> 1,656 dengan sig 0,001 < 0,05) semuanya memberikan bukti lebih lanjut untuk ini. Selanjutnya hasil uji F menunjukkan Fhitung (138,298>2,67) lebih tinggi dibandingkan Ftabel.