PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MI INSTAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i Fakultas Bisnis Di Universitas Buddhi Dharma)
Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, PromosiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna memahami besar kecilnya pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mi Instan pada Mahasiswa/I Fakultas Bisnis di Universitas Buddhi Dharma. Penelitian bersifat kuantitatif, menerapkan metode survey melalui media kuesioner. Adapun Populasi di penelitian ini, berjumlah 1.518 orang, merupakan Mahasiswa/I Fakultas Bisnis di Universitas Buddhi Dharma dan total sampel pada penelitian, yakni 147 responden. Metode yang akan dipergunakan untuk menganalisis data mencakup Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Berganda, Analisis Korelasi, Koefisien Determinasi (R2), hingga pengujian hipotesis mempergunakan uji T dan uji F melalui perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian, memperlihatkan Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi berdampak positif atas Keputusan Pembelian Mi Instan Mahasiswa/I Fakultas Bisnis di Universitas Buddhi Dharma. Perihal ini diperlihatkan dengan hasil uij T pada Kualitas Produk memiliki hasil THitung > TTabel (5,515 > 1,655) dengan sig 0,000 < 0,05. Lalu pada hasil uji T pada Citra Merek memiliki hasil THitung > TTabel (5,171 > 1,655) dengan sig 0,008 < 0,05. Dan Promosi dengan hasil THitung > TTabel (5,457 > 1,655) dengan sig 0,000 < 0,05. Dan nilai FHitung 109,852 > FTabel 2,67 dengan probability 0,000 < 0,05. Nilai determiasi berganda R2 yakni 69,1 % atas putusan pembelian sisanya 30,9% bersumber dari luar variabel independent.