Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Marketplace Restoran Sushi Yay, Pesanggrahan)
Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Indonesia adalah salah satu pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Nilai transaksi e-commerce diperkirakan mencapai miliaran dolar AS setiap tahunnya. Marketplace berperan penting sebagai platform bagi ribuan penjual untuk menjangkau jutaan konsumen. Namun, pertumbuhan ini dihadapkan pada tantangan seperti persaingan yang semakin ketat dan harapan konsumen yang tinggi. Isu terkait keamanan transaksi, keaslian produk, dan layanan pelanggan juga menjadi fokus utama industri e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Marketplace Pada Restoran Sushi Yay!, Pesanggrahan). Dalam penelitian ini digunakan metode sampling jenuh. Responden berjumlah 100 orang yang menerima kuesioner dan didukung dengan SPSS Seri 25 untuk fasilitas pengolahan data. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan analisis kuantitatif dengan melakukan Uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas Data, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, Regresi Linear Berganda, Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, uji t dan F. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variabel X1 (Promosi) memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 4,325 > 1,984 dan signifikan 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, variabel X2 (Kualitas Pelayanan) memiliki nilai thitung < ttabel yaitu 1,148 < 1,984 dengan nilai signifikan 0,254 > 0,05 artinya H0 diterima dan Ha ditolak, variabel X3 (Kualitas Produk) memiliki nilai thitung > ttabel sebesar 3,524 > 1,984 dengan signifikan 0,001 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis F menunjukkan Fhitung > Ftabel sebesar 96,137 > 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Restoran Sushi Yay, Pesanggrahan.