Pengaruh Brand Image, Promosi, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mi Kokiku
Keywords:
Brand Image, Promosi, Word of Mouth, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth, iklan, dan persepsi merek terhadap pembelian mi Kokiku. Data utama yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari periode survei selama 16 hari yang dimulai pada tanggal 23 Desember 2024 dan berakhir pada tanggal 8 Januari 2025. Peneliti berhasil merekrut 107 partisipan untuk mengikuti penelitian. Survei mencakup 40 item pernyataan, masing-masing dengan 5 kemungkinan respons. Untuk menjamin keakuratan, prosedur analisis data menggunakan perangkat lunak statistik SPSS versi 25. Untuk mengetahui seberapa besar variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen, penelitian ini menggunakan uji koefisien determinasi. Nilai A R Squared sebesar 0,426 atau 42,6% dilaporkan oleh uji tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa efek gabungan dari persepsi merek, iklan, dan word of mouth menyumbang 42,6% dari varians dalam pengeluaran konsumen. Selain itu, kami melakukan uji F dan memperoleh nilai F sebesar 25,508, yang lebih tinggi dari nilai F tabel sebesar 2,70. Berdasarkan ambang batas signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek (X1), promosi (X2), dan promosi dari mulut ke mulut (X3) semuanya memiliki dampak yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) untuk produk mi Kokiku. Berdasarkan temuan penelitian ini, perusahaan dapat mempertimbangkan ketiga elemen ini ketika mengembangkan kampanye pemasaran yang lebih tepat dan efisien, karena ketiga elemen tersebut memiliki peran dalam memengaruhi pilihan pelanggan untuk membeli barang.v