Pengaruh Beberapa Faktor Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Menufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019

  • Yulyani Yulyani Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, kepemilikan institusional dan terhadap penghindaran pajak. Variabel dependen yang digunakan yaitu penghindaran pajak, sedangkan variabel independen yang digunakan yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, kepemilikan institusional dan leverage.


Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 sampai 2019 dan berdasarkan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria. Variabel dependen menggunakan pendekatan CETR. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausal yaitu hubungan yang bersifat sebab akibat. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 25 dengan metode regresi linear berganda. Tipe data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari idx atau situs BEI.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak, sedangkan profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap penghindaran pajak

Published
2022-01-07
How to Cite
YULYANI, Yulyani. Pengaruh Beberapa Faktor Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Menufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-35, jan. 2022. ISSN 2827-7740. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi/article/view/906>. Date accessed: 05 july 2022.
Section
Articles