Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak

  • Dini Dini Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Dalam penelitian yang penulis buat ini untuk mengetahui analisis mengenai pengaruh “Leverage, Profitabilitas dan Capital Intensity terhadap Agresivitas Pajak”. Populasi riset ini merupakan laporan keuangan yang sudah diteliti oleh perusahaan manufaktur sub-sektor property, real estate dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019


Adapun didalamnya mencakup penelitian kuantitatif dan mengolah sample menggunakan teknik purposive sampling. diantaranya mencakup data yang penulis dapatkan yaitu berjumlah 18 data perusahaan yang memenuhi kriteria dalam periode 3 tahun pengamatan secara berurutan memperoleh hasil berjumlah 54 perusahaan. Pengolahan data menyusun skripsi ini menggunakan SPSS versi 25 dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.


Diketahui sebagaimana sudah penulis teliti hasil dari riset ini menunjukkan hasil data yang sudah diolah ini menunjukan simpulan bahwa nilai signifikan leverage yang diproksikan menggunakan rumus DAR memiliki hasil 0,003, nilai signifikan profitabilitas yang diproksikan menggunakan rumus ROA memiliki hasil 0,584, nilai signifikan capital intensity yang diproksikan menggunakan rumus CAPT  memiliki hasil 0,050.


Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan capital intensity berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. leverage, profitabilitas dan capital intensity berpengaruh secara simultan terhadap agresivitas pajak.

Published
2022-02-07
How to Cite
DINI, Dini. Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak. Global Accounting, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 76-85, feb. 2022. ISSN 2828-0822. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ga/article/view/1111>. Date accessed: 26 june 2022.