Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Return On Asset (ROA) dan Price to Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham. (Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2020)

Authors

  • Dhikie Riandy Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Return On Aset, P/E Ratio, Harga Saham

Abstract

Pada penelitian ini penulis menggunakan 4 variabel bebas yakni: Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Return On Asset, Price Earning Ratio  dan sebuah variabel terikat yakni Harga Saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah variabel variabel tersebut memiliki pengaruh secara partila maupun simultan terhadap harga saham. 

Sumber Data dalam penulisan ini menggunakan data sekunder berupa Laporan keuangan dan Data BI dimana data yang diperoleh merupakan angka angka sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini berfokus untuk meneliti mengenai harga saham dari sektor Perbankan selama 4 tahun terhitung dari tahun 2017-2020. Dengan pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah dibuat, maka didapat 13 perusahaan dan 52 data sebagai bahan untuk diteliti. Dengan bantuan Sofware Statistical Product and Service Solution Edition 25 memudahkan penulis dalam meneliti dan menganalisis data penelitian.

Hasil daripada penelitian ini menampilkan bahwa tidak adanya pengaruh Inflasi dalam perubahan harga saham, tidak adanya pengaruh dari naik turunya nilai tukar rupiah dalam perubahan harga saham, tetapi Return On asset dan P/E Ratio memberikan pengaruh positif pada perubahan harga saham. kemudian secara keseluruhan ternyata inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Return On Asset dan P/E Ratio berpengaruh pada harga saham.

Published

2022-06-16